Langsung ke konten utama

USB 3.0 Sudah Ketinggalan Zaman, Sekarang Eranya USB 3.1


Well, hello again (._.) kadalgeek is here.
Udah lama gak nulis di blog yang busuk ini, sumpah udah lama.
Jadi aku sempet lari ke beberapa media sosial, karena responnya lebih cepet, terus udah kenal gitu sama yang respon, dan kadang jadi debat gak karuan, tapi sekarang respon cepet sekarang malah jadi double edge sword, sekarang temen-temen yang  cerdas berkomentar udah menghilang dari sosial media dan beralih ke sosial real life.

Okay cukup curhatnya, gak enak aja masa comeback tanpa babibu langsung nulis.

Jadi tadi aku lihat video review hape (bukan HP) di channel sobathape. Hapenya itu xiaomi mi4c , adiknya xiaomi mi4i. Kalo penasaran ini videonya

Nah disitu dijelaskan salah satu bedanya itu dia pake USB type c.
WTF apa itu USB type C?

Yap itu reaksiku pas denger dia pake USB type C. Dan mencoba cari jawaban lewat gugel (bukan google) dan nemu video ini


Apa itu USB type-c?
Kalau sebelumnya kita mengenal ada USB 2.0, USB 3.0 USB type-C ini muncul setelah dikembangkannya USB 3.1. USB type-C ini hanya sedikit pengembangan dari USB 3.1 yang dikembangkan jadi lebih kecil, punya 24 pin dan reversible, jadi kalo biasanya sering kebolak-balik pasang USB sekarang gak bakal lagi ada yang namanya "coba dibalik" , dibolak-balik sama aja broh (LOL)

Kelebihan USB-C

1. Universal
USB type-c ini katanya memperkuat konsep Universal dari USB, yang katanya bisa dipake di device apa aja, buat apa aja. Dia bisa digunakan di device apa aja karena dia kecil, dan bisa dipake apa aja karena dia punya 24 pin yang masing-masing bisa diconfigurasi lewat pin yang namanya configuration channel, sepahamku sih gitu kalo dari wikipedia ( https://en.wikipedia.org/wiki/USB#USB_Type-C ).

2. Bisa membawa power lebih besar dan data lebih cepat
Kalau microusb yang sekarang kita pake di hape kita kan cuma bisa membawa sekitar 5 watt saja, kalo USB type-c yang portnya juga bisa ditaruh di hape ini katanya bisa membawa hingga sekitar 100 watt, jadi bisa buat ngecharge laptop, dan device yang agak gedean. Selain power, USB type-c ini bisa mentransfer data hingga 10Gbps, dua kali lipat dari USB 3.0 yang hanya 5Gbps. Jadi USB type-c ini karena bisa transfer data cepet bisa dipake buat konektor monitor 4K katanya gitu sih.

3. Reversible
Ini menurutku yang paling asik dari USB type-c. Kalau pendahulunya dia masangnya gabisa dibolak-balik, nah USB type-c ini beda, dia dipasangnya gak peduli mana atas mana bawah, jadi seperti kataku tadi, ga ada yang namanya kalo gabisa masuk terus "coba dibalik mas", podo wae mas , podooo (LOL).

USB type-c ini populer setelah apple pasang port USB type-c di macbook terbarunya. Dan harusnya kedepannya makin banyak device yang make usb type-c ini, USB meant to be Universal. Buktinya sekarang xiaomi mi4c aja udah pake usb type-c.

Kalo mau lebih jelas bisa lihat rujukan di
Wikipedia : https://en.wikipedia.org/wiki/USB_Type-C
atau di artikelnya CNET : http://www.cnet.com/news/usb-type-c-one-cable-to-connect-them-all/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download DriverPack Solution 14.5 R415 Final

DriverPack Solution 14 - a DVD version of the most powerful manager for automated driver installation. Scans your computer hardware and offer to install/update the driver for all devices in Offline mode. Quickly, efficiently and completely FREE! File description Version: 14 ( 05.05.2014 ) Requirements: Any PC ( desktop/laptop/netbook ) Windows 8.1 / 8 / 7 / Vista / XP ( x32-x64 ) Size: 7,42 Gb Download Here (Firedrive - Fullspeed ) DRP_14.5.iso (7.42 GB) password : diablo-hack.blogspot.com

Cara mengatasi USB drive tidak bisa dieject karena program di komputer sedang menggunakannya

Permasalahan Pesan error : Windows can't stop your 'Generic volume' device because a program is still using it. Close any programs that might be using the device and then try again later. Penyebab error : Suatu program dalam komputer sedang menggunakan device yang dicoba untuk dieject. Gambar 1. Pesan error yang muncul saat mencoba safely remove device Workaround Memastikan semua program yang mungkin menggunakan file pada device tersebut telah ditutup. Jika jendela program telah tertutup semua, pastikan kembali tidak terdapat proses yang masih berjalan dengan menggunakan task manager. Kemudian coba kembali untuk mengeject device tersebut. Mencari program yang menyebabkan gagalnya proses safely remove device dengan menggunakan event viewer. Untuk membuka event viewer bisa dilakukan dengan mengetikkan 'Event viewer' pada jendela start / start menu, atau dengan membuka control panel kemudian memilih administrative tools lalu memilih event viewer.

Istilah yang sering dipakai pecinta anime

Kadang sebel juga punya temen yang ngakunya cinta anime tapi Otaku aja gatau apa artinya, parah! niatnya sih mau ngajak debat , tapi jelas kalah dong dia hahahah. Nah , biar makin tau apa istilah-istilah yang sering digunakan pecinta anime , Kadalgeek bakal bagi-bagi ilmu, yah itung itung buat bekal nanti kalo ada yang 'sok tau' tentang anime asal kamu tau sedikit ilmunya tendang aja tuh . 1.Otaku Sebelum kamu mendeklarasikan kecintaan kamu terhadap anime ke orang lain , kamu harus tau dulu siapa sih kamu sebenarnya. Otaku adalah sebutan bagi penggemar berat anime, itu aja kok, simpel. Kalo ada temen kamu yang 'sok tau' tentang anime, kamu datengin aja dan tanya 'eh kamu otaku?' kalo dia jawab iya dengan yakin , kamu dapet temen pecinta anime juga. Kalo dia malah tanya 'otaku apaan sih?' Selamat! Kamu menang ronde pertama.hahah. 2.Ongoing Tulisannya ONGOING tapi bacanya ON GOING , yaitu anime / manga yang ceritanya masih lanjut terus belum selesai sampai